Responsive Banner design
Home » » Sejarah Tarling

Sejarah Tarling

Sejarah Tarling
HEDDY'S MUISIC BlOG | Sejarah Tarling
Bagi masyarakat yang tinggal di pesisir pantai utara (pantura) Jawa, terutama   Kabupaten Indramayu, Cirebon & sebagian wilayah Brebes, kesenian tarling telah begitu akrab. Alunan bunyi yang dihasilkan alat musik gitar & seruling, seolah mampu menghilangkan beratnya beban hidup yang menghimpit. Lirik lagu maupun kisah yang diceritakan didalamnya juga mampu memberikan pesan moral yang mencerahkan & menghibur. Meski telah begitu mengakar dalam budaya kehidupan masyarakat, tak banyak yang mengetahui bagai mana asam-muasal kesenian tarling tersebut, tidak diketahui sebenarnya dari mana tarling terlahir. Namun yang pasti, tarling merupakan kesenian yang lahir di tengah kebudayaan rakyat pantura dan bukan kesenian yang "istana-sentris". Oleh sebab itu, tarling terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman & tidak terikat ritme & tatanan tertentu sebagaimana seni yang lahir ditengah "istana" (kesultanan/kerajaan). 


> Sejarah Tarling & Perkembangan Tarling
        Bentuk kesenian ini pada dasarnya adalah suatu pertunjukkan musik, namun disertai juga dengan drama pendek. Secara etimologis, nama tarling diambil dari singkatan dua alat musik yaitu "gitar" & suling. Selain kedua alat musik ini terdapat pula sejumlah perkusi, saron, kempul & gong. 
Awal perkembangan tarling tidak jelas. Namun demikian, pada tahun 1950-an, musik serupa tarling pernah disiarkan oleh RRI Cirebon & menjadikannya populer. Pada tahun 1960-an, pertunjukkan ini sudah dinamakan "tarling" & mulai memasukkan unsur-unsur drama kedalamnya.
        Semenjak meluasnya popularitas musik dangdut pada tahun 1980-an, kesenian tarling-pun terdesak. Ini memaksa para seniman tarling memasukkan unsur-unsur dangdut dalam pertunjukkan mereka, dan hasil perpaduan ini dinamakan "tarling-dangdut". Pada dekade selanjutnya, akibat tuntutan konsumennya sendiri, lagu-lagu tarling dikolaborasi dengan perangkat alat musik elektronik, sehingga terbentuk grup-grup "organ tunggal tarling". Pada era kini, tarling klasik sudanh sangat jarang dipertunjukkan dan sudah tidak populer lagi.

0 comments:

Post a Comment